Saturday 17 May 2014

(Down Load pdf) TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN BADAN PELAKSANA PENYULUHAN DAN KETAHANAN PANGAN KABUPATEN MAROS

ABSTRAK

Ir. Pangerang, MP1 dan Abd. Rahman Nur, SP2. Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros.

Populasi dari penelitian ini adalah orang, masyarakat, lembaga instansi pemerintah dan dunia usaha yang pernah menerima pelayanan publik dari Kantor Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Kabupaten Maros, dengan jumlah responden digunakan 155 orang. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari masyarakat yang terpilih menjadi responden dengan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder yang bersumber dari buku, arsip, dokumen, dan naskah dari instansi terkait.

Hasil perhitungan Nilai Indeks Unit Pelayanan yaitu sebesar 3,18 dan dikonversikan menjadi 79,44. dengan demikian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros adalah Kinerja Unit Pelayanan Baik dan Mutu Pelayanan Baik.

Hasil penelitian diperoleh bahwa dari keempat belas unsur-unsur pelayanan, terdapat lima unsur yang dapat dikatakan dalam kategori sangat baik yaitu adalah: Prosedur pelayanan (3,28), Kejelasan petugas pelayanan (3,28), Kesopanan dan keramahan petugas (3,32), Kepastian biaya pelayanan (3,41), Keamanan pelanyanan (3,26).

Terdapat sembilan unsur pelayanan yang kategorinya baik yaitu Persyaratan pelayanan (3,12), Kedisiplinan petugas pelayanan(3,08), Tanggung jawab petugas pelayanan (3,12), Kemampuan petugas pelayanan (3,14), Kecepatan pelayanan(3,02), Keadilan mendapatkan pelayanan(3,15), Kewajaran biaya pelayanan (3,25), Kepastian jadwal pelayanan(3,10), Kenyamanan lingkungan(3,21),

Sistem pelayanan yang dilakukan oleh Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros yang mendapatkan hasil penilaian masyarakat masuk kategori baik masih perlu ditingkatkan sedangkan hasil penilaian masyarakat masuk kategori sangat baik perlu dipertahankan.

Kata kunci : Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik.

Untuk Artikel Selengkapnya Silahkan Down Load di SINI

0 comments:

Post a Comment